Apa itu IMK....???

Sabtu, 14 Agustus 2010

Coba anda bayangkan dua orang sedang melakukan komunikasi...!! Saat terjadi komunikasi maka di situ akan terjadi pula interaksi antara keduanya. Karena adanyan interaksi itulah akan terjadi pertukaran informasi antar pelaku atau salah satu pelaku.

Begitupula antara kita dengan komputer yang sudah menjadi teman saat bekerja ataupun santai. Kita tidak akan bisa melakukan apapun dengan komputer yang kita miliki jika kita tidak mampu untuk berinteraksi dengan komputer. Itulah salah satu alasan mengapa ilmu yang mempelajari pola interaksi itu lahir, yaitu Interaksi Manusia dan Komputer.

Adapun ilmu-ilmu lain yang mendukung IMK antara lain:
  1. Tekhnik Elektronika : Berperan untuk memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI.
  2. Psokologi : Memahami sifat dan kebiasaan, persepsi dan pengolahan kognitif, keterampilan motorik pengguna.
  3. Perancangan grafis dan tipografi : Sebuah gambar dapat memberikan makna sama dengan seribu kata, gambar dapat daigunakan sebagai media yang efektif untuk dialog antara manusia dan komputer.
  4. Ergonomik : Aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan yang nyaman, contoh : bentuk keyboard, mouse dan posisi duduk dll.
  5. Antropologi : Untuk memahami cara bekerja kelompok yang masing - masing anggota bekerja sesuai bidangnya.
  6. Linguistik : Untuk memahami bahasa sebagai komunikasi yang mudah dipahami.
  7. Sosiologi : Pengaruh sistem manusia komputer dalam segi sosial.
Dari uraian - uraian di atas dapat disimpulkan bahwan Interaksi Manusia dan Komputer merupakan komunikasi dua arah antara pengguna (user) dengan sistem komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme